Pengertian Efektif Dan Efisien
√ EFEKTIF DAN EFISIEN :
Pengertian, Perbedaan & Contohnya, Lengkap
Efektif dan Efisien – Efektif adalah sebuah usaha untuk mendapatkan tujuan, hasil atau
target yang diharapkan dengan waktu yang telah ditetapkan terlebih
dahulu tanpa memperdulikan biaya yang harus atau sudah dikeluarkan.
Pekerjaan efektif berhubungan perencanaan, penjadwalan
dan pengeksekusian keputusan yang tepat guna. Suatu pekerjaan dapat dikatakan
efektif jika tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya berhasil dicapai.
Pengertian efektif adalah cara mencapai
suatu tujuan dengan pemilihan cara yang benar dari beberapa alternatif,
kemudian mengimplimentasikan pekerjaan dengan tepat dengan waktu yang cepat.
Sedangkan, Efisien mengharuskan seseorang untuk
menyelesaian suatu pekerjaan secara hemat, cepat, selamat dan tepat waktu
dimana juga mengharuskan seseorang bekerja secara maksimal tanpa perlu
mengeluarkan banyak biaya.
Pekerjaan efisien sendiri dapat dilakukan dengan
mengevaluasi, membuat perbandingan antara masukan dan pengeluaran yang
diterima. Efisien berarti mencari cara terbaik untuk mencapai suatu tujuan
Pengertian efisien adalah cara untuk
mencapai suatu tujuan dengan penggunaan sumber daya yang minimal namun hasil
maksimal. Sumber daya diolah dengan bijak dan hemat sehingga uang, waktu dan
tenaga tidak banyak terbuang.
Contoh Sederhana Dalam Memahami Efektif dan Efisien :
Dari Jakarta, Ani ingin pergi ke Surabaya untuk
berlibur, dalam hal ini dia bisa pergi menuju Surabaya dengan efektif saja,
efisien saja atau dengan cara yang efektif dan efisien.
·
Jika Ani pergi ke Surabaya menggunakan
Pesawat dengan tiket Rp. 1.500.000 dan sampai dalam waktu 1,5 jam. Maka Ani melakukan
pekerjaan tersebut dengan Efektif, namun Tidak Efisien.Karena ia
harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal untuk perjalanan tersebut.
·
Jika Ani pergi ke Surabaya menggunakan Bus
Ekonomi dengan harga Rp. 100.000 dan sampai dalam waktu 18 jam, maka Ani
melakukan perjalanan tersebut dengan Efisien, Namun kurang Efektif.
·
Nah, Agar perjalanan Ani bisa dilakukan
secara efektif dan efisien, maka ia harus memikirkan bagaimana agar ia sampai
di Surabaya dengan biaya yang murah, tapi tidak menghabiskan banyak waktu di
jalan. Ia bisa memilih (misalnya) menggunakan kereta yang harganya murah dan
durasi perjalannya juga tidak terlalu lama atau alternatif lainnya.
pixabay.com
Perbedaan efektif dan efisien dijelaskan dalam
beberapa poin berikut:
EFEKTIF
|
EFISIEN
|
Berorientasi Tujuan
|
Berorientasi Tujuan
|
Pemilihan bagaimana cara tercepat mencapai tujuan
|
Pemilihan bagaimana cara terhemat mencapai tujuan
|
Waktu pengerjaan lebih singkat karena ketersediaan sumber daya dll.
|
Waktu pengerjaan lebih lama karena sumber daya yang dipangkas.
|
Biaya yang dikeluarkan tinggi
|
Hemat biaya
|
Sebuah pekerjaan harus dilakukan secara efektif dan
efisien agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Perbandingan pekerjaan yang
dilakukan secara efektif dan efisien dapat dilihat dalam daftar berikut ini:
·
Efektif dan Efisien
Tujuan dapat tercapai dengan cepat dan biaya yang hemat.
Tujuan dapat tercapai dengan cepat dan biaya yang hemat.
·
Efektif tapi Tidak Efisien
Tujuan dapat tercapai dengan cepat namun biaya yang dikeluarkan tinggi
Tujuan dapat tercapai dengan cepat namun biaya yang dikeluarkan tinggi
·
Tidak Efektif tapi Efisien
Tujuan lama tercapai atau bahkan tidak tercapai karena cara-cara untuk mencapai tujuan tidak jelas, namun biaya sedikit.
Tujuan lama tercapai atau bahkan tidak tercapai karena cara-cara untuk mencapai tujuan tidak jelas, namun biaya sedikit.
·
Tidak Efektif dan Tidak Efisien
Tujuan lama tercapai atau besar kemungkinan tidak akan tercapai dan beban yang dikeluarkan tinggi. Ini karena pekerjaan tidak dilakukan dengan step by step yang benar dan tanpa perhitungan biaya.
Tujuan lama tercapai atau besar kemungkinan tidak akan tercapai dan beban yang dikeluarkan tinggi. Ini karena pekerjaan tidak dilakukan dengan step by step yang benar dan tanpa perhitungan biaya.
Cara Agar Pekerjaan
Efektif Efisien
pixabay.com
1. Membagi Waktu dan
Jadwal
Untuk anda yang menginginkan suatu pekerjaan yang
efektif dan efisien, sekarang ada baiknya anda harus membuan jadwal, pembagian
waktu dan sebagainya yang berisi suatu rincian yang lengkap dengan detailnya.
Misalnya saja, agar karywan atau teman-teman anda
dapat menghubungi anda tanpa datang ke tempat anda saat memberikan laporan atau
hasil kerja lainnya, anda dapat memberikan email, whatsapp, BBM dan lainnya
supaya mereka dapat menghubungi anda dengan mudah.
Hal ini juga dapat membantu anda untuk mendapatkan
rapat yang terorganisir dengan karywan anda. Selain itu, cara ini juga dapat
anda lakukan untuk mengawasi karywan anda tetap bekerja walaupun sedang tidak
berada didalam kantor.
2. Memikirkan
Pencadangan File atau Backup
Seseorang tentu pernah mengalami lupa saat
mengingat-ingat suatu barang tersebut ditaruh seperti halnya anda
lupa dimana menaruh file untuk rapat sedangkan untuk mencarinya anda
membutuhkan waktu banyak.
Mengingat folder-folder yang ada di laptop atau
komputer tidak sedikit. dan barang-barang lainnya yang dapat anda lupakan
seperti username dan kata sandi, tempat untuk menaruh flashdisk.
Untuk menghindari hal tersebut, anda dapat menyiasati
dengan selalu menyimpan file-file penting kedalam dua penyimpan misalnya
disimpan didalam hardisk internal maupun eksternal. Selain itu, sekarang sudah
ada penyimpanan online yang dapat anda manfaatkan dengan baik misalnya
menggunakan google drive.
3. Menghindari Semua Gangguan
Jika anda sedang berada diruang rapat maka ada baiknya
anda menghindari untuk mengecek ataupun berkirim Chat atau sms dan menerima
panggilan bahkan kalau perlu anda harus mematikan ponsel terlebih dahulu agar
tetap fokus pada pertemuan tersebut dan pekerjaan anda dapat terselesaikan
dengan baik.
Lain halnya jika anda memiliki pekerjaan yang
mengharuskan anda untuk selalu aktif di sosial media misalnya sebagai internet
marketer.
4. Ingat dan Teliti
Anda sebaiknya harus membiasakan diri untuk mengingat
dan meneliti pekerjaan apa yang anda lakukan untuk hari ini agar terhindar dari
kesalahan yang tidak diinginkan. Lebih baik pikirkanlah pekerjaan anda daripada
memikirkan hal lain yang dapat mengganggu pekerjaan anda.
5. Berhenti Melakukan Pekerjaan Secara Bersamaan
Untuk anda yang memiliki pekerjaan lebih dari satu,
sebaiknya anda harus mengerjakan pekerjaan yang satu terlebih dahulu baru
melanjutkan pekerjaan yang lain. Usahakan melakukan pekerjaan dengan tingkat
kesulitan terlebih dahulu agar pekerjaan yang lainnya terasa lebih ringan.
Konsentrasilah terlebih dahulu dengan tugas dihadapan anda terlebih dahulu.
6. Melakukan
Perbincangan Ringan
Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, tentu anda akan
menemukan kebosanan karena anda tidak terbiasa berdiam diri sendirian. Oleh
karena itu, anda dapat mengambil jeda untuk melakukan obrolan-obrolan kecil
bersama teman-teman anda.
7. Bekerja dengan Kecepatan Sendiri
Jangan pernah membandingkan kecepatan bekerja orang
lain dengan kecepatan bekerja anda. Itu salah besar. Karena pada dasarnya
setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan bila anda tidak memiliki
kemampuan bekerja seperti orang lain maka jangan sekali-kali menirunya. Justru
hal tersebut akan membuat hasil pekerjaan anda tidak maksimal.
8. Beristirahatlah Setelah Bekerja
Jika anda memiliki pekerjaan yang banyak, usahakan anda
mengambil waktu istirahat disela-sela mengerjakan tugas. Manfaat dari
beristirahat adalah dapat membuat pikiran anda sejuk kembali sehingga anda
dapat berfikir lebih jernih dan efektif kembali. Jangan lupa imbangi istirahat
anda dengan mengkonsumsi makanan sehat terutama makanan yang mengandung
glukosa.
Contoh Pekerjaan Yang
Efektif dan Efisien
·
Melakukan Jual Beli Online Perkembangan
teknologi yang berkembang pesat membuat seseorang menginginkan suatu pekerjaan
yang efektif dan efisien, memanfaatkan teknologi, kini orang-orang lebih
memilih transaksi jual-beli secara online.
·
Dinda harus memindahkan barang dengan
sepeda motor selama 3 kali sedangkan Radit hanya perlu memindahkan barang satu
kali saja dengan truk Dimana dinda berkeja secara efektif sedangkan Radit
bekerja secara efisien karena dia menggunakan truk untuk menghemat waktu dan
tenaga.
·
Pekerjaan yang efektif selanjutnya adalah
mengambil contoh dari maskapai merpati airlines dimana mereka pernah mengalami
kebangkrutan sehingga pemerintah mengeluarkan dana untuk membantu maskapai
tersebut terhindar dari kebangkrutan lama.
Komentar
Posting Komentar